Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Membeli Jam Tangan

Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Membeli Jam Tangan

Anda ingin membeli jam tangan baru? Apa saja sih yang menjadi pertimbangan saat membeli jam tangan? Masih bingung menentukan jam tangan yang tepat?

Pada artikel kali ini akan membahas hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli jam tangan. Tentu saja langkah-langkah ini dilakukan guna memilih jam tangan yang sesuai agar tidak menyesal di masa yang akan datang. Let’s check this out!

Bahan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih jam tangan yaitu bahan pembuatan dari jam tangan tersebut. Secara umum bahan yang sering digunakan sebagai penyusun jam tangan yaitu logam. Logam penyusun jam tangan yang baik yaitu bahan yang murni, bukan campuran.

Jika jam tangan yang Anda pilih terbuat dari besi, pastikan bahwa yang menyusunnya adalah bahan besi murni. Anda bisa menentukan besi tersebut murni atau tidak dari berat jam tangan. Besi campuran akan terasa lebih ringan, sedangkan besi murni tentu lebih berat.

Jika jam tangan pilihan Anda terbuat dari stainless steel, maka pastikan bahwa jenis stainless steel yang dipakai adalah kualitas yang baik. Minimal dengan jenis 316L. Beberapa jam tangan mewah biasanya menggunakan jenis 904L yang cenderung lebih padat dan kualitasnya tentu lebih tinggi.

Kaca

Bagian kaca jam tangan merupakan salah satu bagian yang paling penting. Kaca berfungsi melindungi komponen jam tangan. Bila bahannya tidak tepat, jam tangan yang terkena benturan bisa tergores atau bahkan retak. Ada beberapa jenis kaca yang digunakan pada jam tangan seperti mineral crystal, hardlex dan sapphire crystal. Ketiga jenis tersebut memiliki kualitas yang berbeda-beda, begitu pula dengan harganya.

Movement

Movement atau jenis pergerakan juga merupakan hal yang harus Anda pertimbangkan ketika membeli jam tangan. Ada beberapa jenis movement, seperti automatic movement dan quartz movement. Untuk automatic movement, jam tangan bisa bergerak secara otomatis tanpa adanya arus listrik. Sedangkan quartz movement memanfaatkan daya pada baterai untuk tetap bergerak.

Quartz movement lebih mudah dijumpai di pasaran. Hal ini disebabkan karena brand jam tangan yang diproduksi secara massal lebih memilih untuk menggunakan jenis movement yang satu ini. Dalam memilih movement, hindari produksi movement yang berasal dari Cina. Kualitas movement pabrikan di negara tersebut cenderung kurang baik.

Brand

Memang terkadang kita tidak boleh terlalu mengandalkan brand untuk mennetukan kualitas suatu barang. Namun, untuk hal ini pilihlah jam tangan dengan brand yang sudah jelas keberadaannya. Walaupun brand tersebut adalah sub-brand atau brand dalam negeri, Anda bisa cross check terlebih dahulu hasil penjualan jam tangan dari brand tersebut.

Harga

Range harga yang dibuat oleh satu orang dengan yang lain pasti berbeda. Selain Anda harus menyesuaikan harga jam tangan dengan budget yang Anda miliki, harga jam tangan di pasaran secara umum juga harus ikut diperhatikan. Pilihlah jam tangan yang memiliki harga cukup konsisten. Baik harga yang ditawarkan di toko online maupun di toko retail harus sepadan. Jangan sampai perbedaan harga yang ditawarkan terlalu mencolok.

Konstruksi Keseluruhan Jam Tangan

Pastikan bahwa konstruksi jam tangan secara keseluruhan cocok dan pas dengan pergelangan tangan Anda. Kenyamanan jam tangan saat digunakan adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Jangan memilih diameter dial jam tangan yang terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Strap harus bisa tertaut dengan pas pada tangan Anda. Jika memilih jam tangan dengan metal bracelet, pastikan pengait bracelet terpasang dengan kuat. Pilihan terbaik yaitu menggunakan bracelet dengan double pengait agar lebih kuat.

Memilih jam tangan selayaknya memilih jodoh. Mengingat jam tangan bisa menjadi cerminan diri, pastikan bertemu dengan desain dan harga yang pas untuk Anda. Kunjungi Grand Yasmin Semarang untuk menemukan jam tangan yang paling cocok. Kini, beli jam tangan di Grand Yasmin Semarang sudah bisa pre-order, lho! Pastikan jam tangan impian segera sampai di genggaman.

0