Membuat Baterai Jam Tangan Chronograph Lebih Awet

Membuat Baterai Jam Tangan Chronograph Lebih Awet

Salah satu jenis jam tangan yang akhir-akhir ini menjadi idaman masyarakat yaitu jam tangan chronograph. Desainnya yang terkesan stylish dan eksklusif, membuat banyak orang mulai menggemari jam tangan ini. Sayangnya, para pemilik jam tangan chronograph ini sering mengeluhkan baterai yang cepat habis. Banyak orang yang mendapati bahwa jam tangan chronograph milik mereka tiba-tiba mati. Dan hal ini terjadi tidak hanya pada jenis jam dengan automatic movement saja, melainkan juga dengan jam tangan quartz movement. Kok bisa?

Mengenal Jam Tangan Chronograph

Jam tangan chronograph diberi nama sesuai dengan fungsinya. Kata “chrono” yang berarti waktu dan juga kata “graph” yang berarti pengukur. Apabila digabungkan, hal ini berarti jam tangan chronograph memiliki fitur pengukur waktu atau stopwatch.

Bagi yang masih belum mengenal jam tangan chronograph, jam tangan ini didesain memiliki 3 dial. Dial utama berfungsi sebagai penunjuk waktu terkini. Sedangkan dua dial yang lain berfungsi sebagai stopwatch.

Jika Anda memiliki jam tangan chronograph dan merasa baterainya cepat habis, bisa jadi penyebabnya adalah fitur stopwatch yang selalu menyala. Mengaktifkan fitur stopwatch tanpa digunakan, dapat menghabiskan daya pada baterai jam tangan quartz dan juga menghabiskan energi dari barel pada jam tangan automatic. Akhirnya, jam tangan akan lebih cepat mati dan Anda lebih sering menggonta-ganti baterai jam tangan.

Cara Menghemat Daya

Cara yang bisa dilakukan untuk menghemat daya jam tangan chronograph sehingga bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama yaitu dengan cara menonaktifkan fitur stopwatch. Pastikan bahwa stopwatch pada jam tangan dalam kondisi mati. Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari penggunaan daya yang berlebihan.

Apabila dibandingkan, jam tangan chrono yang fitur stopwatch nya menyala selama 24 jam meski sedang tidak digunakan, baterainya bisa brrtahan selama satu tahun. Sedangkan pada jam tangan chrono yang fitur stopwatch nya dinyalakan seperlunya saja, maka baterainya bisa bertahan selama dua tahun. Tentu lebih hemat, bukan?

Hal ini juga berlaku pada jam automatic. Bila fitur stopwatch selalu dinyalakan, jam kaget jika tiba-tiba mendapati jam tangan dalam keadaan mati saat sedang tak digunakan. Matikan kembali stopwatch setelah digunakan. Jangan dibiarkan menyala terus-terusan.

Fitur stopwatch pada jam tangan chronograph juga bisa dimatikan dengan sangat mudah. Cukup tekan pusher yang terletak di bagian atas dekat angka 2. Gunakan pusher yang terletak di bagian bawah, dekat dengan angka 4 untuk mengembalikan posisi jarum ke arah jam 12.

Jam tangan chronograph milik Anda bisa lebih awet dengan memastikan fitur-fitur tambahan dalam kondisi mati ketika tidak digunakan. Anda tak perlu lagi sering-sering mengganti baterai. Serta pada jam tangan automatic, bisa menyimpan power dalam waktu yang lebih lama.

Itulah tadi cara yang bisa dilakukan untuk membuat jam tangan chronograph lebih awet dan bertahan lama. Bila ada gangguan pada jam tangan chronograph milik Anda, Anda bisa langsung memeriksakan kerusakan tersebut di Grand Yasmin Semarang. Di sini sudah ada teknisi handal, profesional dan berpengalaman yang sudah pasti bisa menuntaskan permasalahan jam tangan Anda.

Bagi yang ingin membeli jam tangan chronograph baru juga bisa mengunjungi toko Grand Yasmin Semarang untuk mendapatkan model dan varian terbaru. Tidak perlu khawatir dengan stock jam tangan yang tidak tersedia. Karena sekarang sudah tersedia fasilitas preorder juga lho.

0