Cara Membuat Kompas Sendiri dari Jam Tangan

Cara Membuat Kompas Sendiri dari Jam Tangan

Kompas merupakan salah satu alat yang biasa digunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Pada beberapa jenis jam tangan, sudah tersedia fitur penunjuk arah atau kompas ini. Akan tetapi, ternyata sebenarnya kita bisa membuat kompas sendiri lho dari jam tangan!

Ketika berada di alam bebas, kita pasti sudah menyiapkan berbagai perlatan yang mumpuni. Namun, bisa saja Anda tidak sengaja tersesat dan tidak tahu harus kemana. Ingin bertanya kepada penduduk sekitar, tetapi tidak ada yang bisa ditanyai. Atau mungkin Anda sedang berada di sekoci yang terombang ambing di lautan. Walau kondisi-kondisi seperti ini pasti sangat tidak diinginkan, ada baiknya Anda mempersiapkan diri.

Dengan mengetahui penunjuk arah, mungkin ini bisa menjadi salah satu jalan keluar yang terbaik. Sayangnya dalam kondisi tak terduga, kompas bisa saja tidak dibawa. Memang di handphone Anda bisa jadi sudah dilengkapi dengan fitur kompas, namun kondisi baterai yang terbatas tentu tidak mengizinkan Anda untuk mengakses fitur tersebut.

Jam tangan analog bisa mengatasinya. Perlu diingat, hanya jam tangan analog yang bisa digunakan dalam kasus ini. Serta pastikan bahwa jam tangan menunjukkan waktu yang tepat.

Daerah Utara Khatulistiwa

Letakkan jam tangan secara horizontal atau sejajar dengan tanah. Arahkan jam tangan ke atas. Cara ini dapat dilakukan di daerah manapun, baik di dataran tinggi, dataran rendah maupun di lautan.

Selanjutnya posisikan jarum penunjuk jam ke arah matahari. Bila Anda bingung, bisa membuat bayangan dari dua buah ranting atau benda lain. Arahkan jarum jam searah dengan bayangan tersebut.

Buat sudut antara penunjuk jam dengan angka 12. Cari titik tengah dari sudut tersebut dan arah antara penunjukan jarum jam dengan angka 12 itu merupakan arah selatan. Serta berlaku sebaliknya merupakan arah utara.

Daerah Selatan Khatulistiwa

Posisikan jam tangan secara horizontal atau rata dengan tanah. Cari tempat yang terlihat sinar matahari. Bila suasana sedang mendung, Anda bisa mencari lokasi yang cukup terang dan terlihat posisi matahari.

Arahkan jam 12 ke posisi matahari. Anda bisa menggunakan cara bayangan seperti pada pencarian arah mata angin dari bumi belahan utara sebelumnya.

Temukan pertengahan sudut dari angka 12 dan jarum jam saat ini. Maka itu adalah arah utara. Dan juga berlaku untuk arah sebaliknya yang merupakan arah selatan.

Menentukan Lokasi Anda di Belahan Bumi Mana

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menentukan Anda di belahan bumi mana. Indonesia sendiri berada di daerah khatulistiwa atau berada di tengah-tengah. Hampir seluruh daerah Amerika Selatan, Afrika, Australia dan Sub-Sahara berada di belahan bumi selatan. Anda bisa menggunakan globe, peta dunia atau atlas untuk mengetahui posisi Anda secara akurat.

Perlu diketahui juga bahwa posisi Anda dari khatulistiwa menentukan akurasi pengukuran. Semakin jauh dari khatulistiwa ke utara atau selatan maka hasilnya akan semakin presisi.

Dengan mempelajari cara seperti ini Anda bisa selalu siap bila harus survive dan berpetualangan di alam bebas. Sebaiknya Anda cara ini dilakukan ketika sedang benar-benar terpaksa. Arah mata angin yang paling tepat memang lebih baik dideteksi dengan menggunakan kompas.

Itulah tadi cara membuat kompas dari jam tangan analog yang bisa Anda praktekkan setiap saat. Tidak ingin ribet membuat kompas sendiri dari jam tangan? Tenang, Anda bisa membeli jam tangan yang sudah dilengkapi fitur kompas. Koleksi jam tangan dengan kompas jenis terbaru bisa langsung Anda cek di Grand Yasmin Semarang.

0