Cara Bersihkan Jam Tangan dengan Baik

Cara Bersihkan Jam Tangan dengan Baik

Coba ingat kembali, berapa kali jam tangan kamu dibersihkan dalam waktu setahun belakangan ini? Satu kali? Dua kali? Atau tidak sama sekali? Sebagai salah satu benda yang sering digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi, jam tangan merupakan barang yang paling rawan menyimpan kotoran.

Bagaimana tidak? Setiap hari, kamu pasti menggunakan jam tangan di dalam maupun di luar ruangan. Mudah sekali terpapar debu dan kotoran. Selain itu, jam tangan pasti sering menerima sentuhan. Tangan yang kotor bisa jadi dengan tidak sengaja menyentuh jam tangan ini dan akhirnya bisa menjadi sarang kuman dan kotoran.

Pentingnya Membersihkan Jam Tangan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa jam tangan sangat mudah menjadi sarang kotoran maupun kuman. Jika kamu menggunakan jam tangan saat sedang berolahraga, bukan tidak mungkin jam tangan menjadi sarang kuman dari keringat yang keluar.

Semenjak wabah dari virus Covid-19 semakin merebak ke seluruh penjuru dunia, setiap orang mulai memperhatikan kebersihan di lingkungan sekitar. Membersihkan jam tangan juga menjadi salah satu hal yang dinilai cukup penting. Dengan cara membersihkan diri, benda di sekitar serta lingkungan ini diharapkan berbagai virus dan patogen bisa terhambat penyebarannya.

Jam Tangan yang Bisa Dibersihkan Sendiri

Membersihkan jam tangan sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun sebelum memberaihkan jam tangan, kamu perlu memahami terlebih dahulu karakteristik dari jam tangan milikmu. Jika jam tanganmu tidak water resist alias tidak bisa tahan terhadap air, maka lebih baik membersihkan seluruh bagian secara terpisah dari bagian mesin jam tangan.

Sebaliknya, jika ternyata jam tangan milikmu sudah water resist yang bisa tahan terhadap air, maka kamu bisa membersihkannya sendiri di rumah. Perlu diingat sebelumnya bahwa cara ini digunakan untuk membersihkan bagian luar dari jam tangan saja. Jika ingin membersihkan lebih di bagian dalam jam tangan, lebih baik gunakan jasa profesional di Grand Yasmin Semarang agar komponen kecil penyusun jam tangan bisa lebih terjaga.

Pahami juga bahwa tidak semua bahan bisa dibersihkan menggunakan air dan sabun. Hanya jam tangan yang bermaterial rubber, stainless steel, mineral crystal / sapphire crystal dan titanium yang dapat dibersihkan dengan air dan sabun. Strap jam tangan yang terdiri dari rantai-rantai juga perlu perhatian khusus seperti dengan membersihkan menggunakan sikat secara lembut.

Cara Membersihkan Jam Tangan

Mula-mula siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yabg diperlukan untuk membersihkan, seperti : air, sabun, sikat gigi dan satu lagi yang jelas tak boleh ketinggalan yaitu jam tangan. Siapkan air yang bersuhu normal, tidak dingin dan juga tidak panas. Untuk proses sterilisasi yang lebih tinggi, kamu juga bisa menyiapkan alkohol kadar 60% dan kapas.

Jam tangan dibasahi terlebih dahulu dengan air. Kemudian lumuri dengan sabun secara merata. Sikat secara lembut di bagian sela-sela agar kotorannya keluar. Bilas kembali dengan air bersih hingga tidak ada lagi sabun yang tersisa.

Tahap selanjutnya untuk sterilisasi lebih lanjut. Setelah jam tangan dibersihkan dan dikeringkan, tuangkan setetes alkohol ke dalam kapas. Tidak perlu terlalu banyak, karena alkohol dalam jumlah banyak bisa merusak material jam tangan. Usapkan kapas ke seluruh bagian jam tangan hingga bersih.

Pembersihan jam tangan sudah selesai. Di bagian dalam jam tangan juga bisa menumpuk kotoran. Membersihkan bagian dalam jam tangan sebaiknya dilakukan oleh pihak yang berpengalaman seperti tukang service jam tangan. Kamu bisa melakukannya di Grand Yasmin Semarang dengan para teknisi yang sudah berpengalaman dan yang pasti terpercaya dalam menangani berbagai struktur jam tangan.

0