Cara Agar Baterai Jam Tangan Quartz Bertahan Lama

Cara Agar Baterai Jam Tangan Quartz Bertahan Lama

Jenis movement pada jam tangan memang beragam. Terdapat dua jenis pergerakan jam tangan Quartz, di antaranya yaitu automatic movement dan quartz movement. Quartz movement adalah jenis yang paling banyak ditemukan di pasaran.

Jam tangan dengan quartz movement membutuhkan baterai sebagai sumber daya. Akurasi jam tangan quartz memang cenderung lebih tinggi dibandingkan jam tangan dengan automatic movement. Kelebihan lain yang dimiliki jam tangan quartz yaitu Anda tak perlu khawatir jam tangan akan mati ketika digunakan. Penyesuaian tanggal dan waktu juga bisa dikatakan lebih mudah.

Kelemahan jam tangan quartz biasanya terletak pada baterai jam tangan. Oleh sebab itu agar jam tangan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama, Anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini.

Ganti Baterai

Penggantian baterai jam tangan secara berkala memang cukup diperlukan. Baterai jam tangan diganti bukan hanya pada saat dayanya sudah habis, melainkan penggantian bisa dilakukan setiap satu tahun sekali untuk mencegah kebocoran pada baterai tersebut. Jika baterai sudah bocor, hal ini bisa merusak mesin jam tangan. Akibatnya jam tangan kesayangan tak dapat digunakan lagi.

Aturan Setting Jam Tangan

Ketika Anda sedang melakukan setting jam tangan, pastikan bahwa Anda melepas jam tangan. Meski Anda hanya sedang mengatur jarum jam, sebaiknya lepaskan jam tangan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah patahnya crown.

Tempat Penyimpanan

Jam tangan harus berada di tempat penyimpanan yang tepat. Simpan jam tangan dalam suhu ruang dan terhindar dari barang-barang yang memiliki medan magnet. Suhu yang terlalu panas seperti pada sinar matahari langsung dapat membuat material jam tangan memudar.

Sedangkan berada terlalu dekat dengan benda-benda yang memiliki medan magnet seperti microwave dan lemari es, bisa mengubah komponen di dalam jam tangan memiliki daya magnet. Entah nantinya satu komponen dengan komponen lainnya akan saling melekat, atau malah makin berjauhan. Kinerja jam tangan akan menurun apabila hal ini sudah terjadi.

Bersihkan Jam Tangan

Meski dari luar jam tangan nampak seperti baik-baik saja, bisa jadi di bagian dalam ternyata menumpuk banyak kotoran. Anda harus membersihkan ruang dalam jam tangan secara berkala. Salah satunya yaitu saat sedang mengganti baterai jam tangan.

Anda bisa memilih untuk mengganti jam tangan di toko yang memiliki tenaga professional seperti Grand Yasmin Semarang. Saat melakukan pergantian baterai, Anda juga bisa meminta kepada teknisi untuk membersihkan bagian dalam jam tangan. Mereka yang telah berpengalaman, pasti bisa mengetahui cara yang tepat untuk membersihkan komponen jam tangan yang cukup rumit ini.

Matikan Jam Tangan

Jam tangan yang tidak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya dimatikan saja. Memang nantinya Anda harus kembali melakukan setting jam tangan, namun cara ini lebih mudah untuk dilakukan daripada harus mengganti komponen jam tangan yang rusak akibat berkarat, kebocoran baterai atau hal-hal yang lain.

Cara mematikan jam tangan juga cukup mudah. Tarik saja crown hingga jarum detik berhenti bergerak. Letakkan di tempat yang aman, dengan sirkulasi udara yang cukup lancar. Anda bisa memberikan pengait pada crown atau membiarkannya begitu saja. Yang terpenting letakkan di tempat yang tidak lembab. Dengan begitu, udara bisa masuk ke bagian dalam jam tangan dengan baik.

Demikian tadi cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat baterai jam tangan quartz bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama. Apabila Anda membutuhkan service jam tangan di Semarang, penggantian baterai maupun spare part jam tangan, bisa langsung kunjungi outlet Grand Yasmin terdekat.

0